PELATIHAN JUALAN ONLINE, INTERNET MARKETING - HP-WA-TELEGRAM : 0823-8803-1113 (T'Sel)

3 PRINSIP JUALAN ONLINE (Bagian 2)

Ini adalah tulisan lanjutan. Silahkan baca bagian pertama pada tulisan "3 Prinsip Jualan Online (Bagian 1)"Kita lanjut ya, ke "3 Prinsip Jualan Online (Bagian 2)".

Prinsip Jualan Online, Prinsip Jual Beli Online, Prinsip Toko Online, Prinsip Kerja Internet Marketing
Prinsip Jualan Online, Prinsip Jual Beli Online, Prinsip Toko Online, Prinsip Kerja Internet Marketing

PRINSIP #2: Toko Tempat Jualan

Jika sudah ada produk, maka selanjutnya kita perlu memiliki toko tempat kita meletakkan produk yang kita jual. Bedanya jika jualan offline, bentuk tokonya berupa bangunan atau gedung, maka di dunia jualan online bentuknya bisa berupa website, media sosial, bahkan aplikasi chat messenger. Agar lebih mudah, kita sebut saja toko online.

Jujur ada perubahan paradigma bagi saya pribadi, menyangkut definisi toko online. Dulu pertama kali terjun di internet marketing pada tahun 2008, apa-apa mesti serba website. Anda mau jualan, mau sekedar menulis jurnal online, mau menggunakan media internet, maka harus punya website. Sekarang pemahaman saya berubah.

Sejak tahun 2015 saya belajar tentang social media marketing, saya menyadari bahwasanya definisi toko online menjadi lebih luas. Tidak lagi melulu soal website. Kita punya Facebook, maka Facebook bisa menjadi toko online kita. Kita suka dengan Instagram, maka Instagram bisa menjadi toko online kita. Kita suka nonton Youtube, maka Youtube pun bisa menjadi toko online.

Selama media tersebut dikenal dan bisa diakses orang banyak, maka media tersebut bisa kita manfaatkan sebagai toko online kita.

Untuk para pemula, website justru tidak saya rekomendasikan. Gunakan saja media sosial yang mudah dan biasa Anda gunakan. Selain gampang dan menghemat waktu dalam membuatnya, pasar di media sosial sudah siap tersedia. Tidak seperti website yang setengah mati mendatangkan pengunjung.

Di media sosial, sudah ada banyak orang berkumpul. Anda tinggal "menunjukkan diri" dan menjadi pusat perhatian. Apalagi jika ditambah dengan optimasi media sosial berbasis riset online. Bukan Anda yang mencari calon pembeli, tapi pembeli yang mencari Anda.

Jadi jangan lagi ada alasan tidak bisa membuat toko online. Untuk Indonesia, saya perhatikan ada 2 media sosial yang sering digunakan untuk berinteraksi yaitu Facebook dan Instagram. Hampir semua orang Indonesia yang pegang HP dengan OS Android minimal punya akun di salah satu media sosial tersebut (saya yakin termasuk Anda). Oleh karena itu, mulai saja dari salah satu media tersebut.

Saya kira ini saja untuk prinsip yang kedua. Kita lanjut pada tulisan berikutnya untuk prinsip yang ketiga. Semoga bermanfaat.

Salam,

Arief Maulana
Rektor Riset - Universitas Riset Online


EmoticonEmoticon