PELATIHAN JUALAN ONLINE, INTERNET MARKETING - HP-WA-TELEGRAM : 0823-8803-1113 (T'Sel)

CARA MENCARI PRODUK UNTUK DIJUAL LEWAT BISNIS ONLINE



Di setiap pelatihan internet marketing yang saya adakan, selalu ada beberapa peserta yang datang dengan tidak membawa atau tidak memiliki produk untuk dijual secara online. Bingung mau memilih produk apa. Padahal kalau sudah ada produk atau sudah ada keinginan akan menjual produk apa, jauh lebih mudah karena bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya, yaitu riset pasar, riset produk, dan riset kata kunci.

Bagi Anda yang juga mengalami masalah yang sama, ada beberapa cara untuk mencari produk yang bisa Anda gunakan. Berikut saya paparkan beberapa di antaranya.
-

#1 MARKETPLACE


Marketplace adalah salah satu tempat yang paling mudah untuk mencari inspirasi produk yang bisa dijual secara online. Beberapa marketplace populer mungkin sudah Anda kenal seperti : Tokopedia, Buka Lapak, Lazada, OLX, dll. Anda bisa telusuri di website marketplace tersebut. Meminjam bahasa para wanita, window shopping. Bedanya Anda tidak sedang mencari dalam rangka belanja, melainkan untuk mencari inspirasi produk. Bahkan bila memang cocok, penjual di marketplace bisa Anda jadikan supplier juga.
-

#2 INSTANSI PEMERINTAH


Tempat kedua untuk mencari ide atau inspirasi dalam memasarkan produk adalah Instansi Pemerintah. Sebagaimana kita tahu, setiap tahun selalu ada banyak proyek pengadaan yang diselenggarakan oleh berbagai instansi pemerintah. Nilainya pun tidak main-main, mulai ratusan juta bahkan hingga milyaran. Ragam produk atau jasanya pun cukup banyak. Sekali order, omsetnya bisa gila-gilaan. Apakah nantinya memposisikan diri sebagai peserta tender atau pun supplier, silahkan disesuaikan dengan kapasitas otak, tenaga, waktu dan uang.
-

#3 PENGALAMAN PRIBADI, HOBI ATAU PEKERJAAN


Terakhir, cobalah untuk menelaah perjalanan hidup Anda. Apa-apa yang pernah Anda alami, hobi, maupun pekerjaan bisa dijadikan sumber ide produk untuk dipasarkan lewat bisnis online. Paling mudah adalah hobi. Coba sebutkan apa saja hobi Anda dan analisis mana bagian dari hobi tersebut yang bisa dijadikan uang atau dibisniskan.

Untuk pekerjaan, Anda bisa mulai mengasah kepekaan pada apa-apa yang ada di lingkungan kerja Anda. Contoh: bagi Anda yang bekerja di perusahaan engineering / teknik, coba telaah proses kerja atau produksi perusahaan Anda. Ada komponen apa saja yang berperan di sana. Telaah apakah dari komponen-komponen tersebut ada yang bisa dijual. Tentu saja Anda perlu riset dulu dalam hal ini.
---
Ketiga cara mencari produk untuk dijual lewat bisnis online sudah saya paparkan di atas. Tinggal sekarang Anda praktekkan. Temukan produknya, jalankan riset onlinenya, dan eksekusi pemasaran onlinenya. Semoga bermanfaat.

Salam,

Arief Maulana #RektorRiset
Trainer Internet Marketing
Universitas Riset Online
0823-8803-1113 (Telp / SMS / WA / Telegram)
http://www.RektorRiset.com








EmoticonEmoticon